Analisis Website


Blog dan web itu sebenarnya tidak beda jauh. Perbedaannya hanya pada tampilan, fasilitas dan juga fungsinya saja. Blog itu singkatan dari Web Log. Sehingga dapat disimpulkan bahwa blog itu sudah pasti web dan web itu belum tentu blog.

Misalnya:

  1. Harrywardana.net adalah sebuah blog. Alasannya adalah fasilitas yang disediakan oleh web tersebut terbatas. Kalau diukur dari kebutuhannya hanya sekedar untuk posting artikel dan juga sedikit gambar.  Di situ tampilan yang disediakan pun hanya terbatas sesuai dengan provider yang digunakannya. Sehingga tidak memungkinkan bagi penulis blog untuk membuat design kreatifnya. Misalnya dengan mengedit CSS , hal itu dapat dilakukan, namun biasanya berbayar. Alasan lainnya adalah dari segi penggunaan web tersebut hanya memiliki singgle function. Sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan dengan web tersebut. Keterbatasannya terlihat. Apalagi dari fasilitas web yang disediakan oleh web tersebut begitu khas. Misalnya yang ada di bagian kanan dan bawah tersebut terdapat kolom-kolom yang isinya sangat cenderung mengarah pada layanan yang disediakan oleh provider blog tersebut. Misalnya chatbox, blogroll, comments, galery preview dan lain-lain. Biasanya hal tersebut telah disediakan oleh provider blog tersebut, dan kita tinggal menambahkannya dalam blog kita. Tak perlu kita buat sendiri. Selain itu dia tergolong dalam bagian web dinamis. Dalam artian isi bisa dirubah setiap saat sesuai dengan kebutuhan. Sehingga berita yang disediakan dapat selalu up to date. Tetapi hal tersebut tergantung pada penggunanya juga (admin). Jika mau update tinggal update, kalau tidak tinngalkan saja. Sehingga tergolong dalam web pribadi juga.
  2. www.wartajazz.com menurut saya, adalah sebuah blog. Meskipun jika sekilas dilihat URL dari website tersebut tidak mengindikasikan sebuah blog, tapi bila dilihat dari isinya, web tersebut dapat dikategorikan sebagai blog. Karena isi dari web tersebut terdiri dari postingan-postingan dari pemilik blog tersebut. Selain itu apabila kita indikasikan ini adalah web biasa(bukan blog) itu tak ada kemungkinan. Karena setelah saya teliti lebih lanjut lagi, web biasa itu kemungkinan untuk menggunakan blogroll dan comment itu sangat kecil. Karena untuk membuat kodingnya saja sangat sulit. Hal ini akan menjadikan web tersebut bersifat dinamis atau mengalami perubahan isi dari waktu ke waktu dengan kurun waktu yang tidak terlampau lama, dan ini adalah salah satu ciri dari sebuah web log.
    Selain itu, dibagian bawah dari halaman tersebut dapat dijumpai nama-nama kategori postingan yang telah diposting. Hal inilah yang mengindikasikan bahwa web yang beralamatkan di http://harrywardana.net adalah sebuah weblog.
    Hal lain yang menunjukkan bahwa web ini dapat dikategorikan sebagai blog karena pada halaman tersebut kita dapat melihat adanya profile badge dari sang author blog tersebut. Sehingga kecil kemungkinan kalau itu adalah web biasa (bukan blog).
  3. jforjessy.wordpress.com merupakan blog. Kalau dilihat dari pada kegunaanya sudah sangat terlihat. Tujuannya adalah sebagai tempat posting artikel, tukar pendapat dan berbincang-bincang. Sehingga hal tersebut hanya terbatas pada fungsi dari blog yang tidak berbayar. Kalau dilihat dari domainnya dia merupakan salah satu blog yang providernya adalah wordpress. Fasilitas yang disediakan masih monoton sesuai dengan yang disediakan web providernya. Jadi masih terbatas. Dari tampilannya pun terlihat bahwa dia adalah blog. Isinya dapat diupdate setiap saat tergantung dari pemakainya (admin).
Iklan
By Yusfia Hafid Aristyagama Posted in Prolab

One comment on “Analisis Website

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s