Langkah-Langkah Menginstal Wordpress Offline (Modul Version)


WordPress???

Blog kah??

Apa bisa dibuat dengan offline??

Metode yang bagaimanakah itu??

Bagaimana Caranya??

Tentu saja bisa, kita bisa membuat wordpress dengan metode offline. Namun yang penting dilakukan adalah gunakan XAMPP , jadi install dulu XAMPP kalau ingin membuat wordpress secara offline. Metode yang seperti ini adalah contoh dari penggunaan CMS (Contain Management System). CMS itu merupakan software yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah web tanpa harus mengerti pemrograman web terlebih dahulu. Jadi kita tidak perlu menjadi master web untuk menggunakan CMS. Metode yang seperti ini sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar. WordPress dapat diinstall pada localhost (jaringan local computer) ditandai dengan http://locahost atau http://127.0.0.1 untuk dipakai sebagai default. Namun sebagai syaratnya adalah komputer harus terinstall web server, database server (my SQL) dan PHP sebagai web servernya. Kalau ingin lebih mudah pakai saja PHP server yang dalam bentuk paketan seperti XAMPP, jadi modelnya adalah quick install tanpa melakukan konfigurasi pada web server dan database server. Langkah berikutnya untuk menginstalasi adalah sebagai berikut:

1. Setelah kita mengekstrak file wordpress, kita simpan file wordpress tersebut dengan nama sesuai yang kita inginkan. Misalnya dengan nama “blogku” dengan merename nama folder. Kemudian simpan di folder htcdocs yang merupakan salah satu folder default jika kita melakukan instalasi apache ataupun XAMPP.

2. Kemudian kita buat database pada my SQL misalnya dengan nama “blogDB”

3. Setelah database berhasil dibuat, rename file “wp-config-sample.php” menjadi “wp-config.php”. Kemudian edit baris yang mengandung: Define (‘DB_NAME’,’’); Define (‘DB_USER’,’’); Define (‘DB_PASSWORD’,’’);

4. Kemudian ketik URL sesuai dengan nama folder yang berisi file wordpress, misalnya http://localhost/blogku .

5. Jika proses sebelumnya berhasil akan muncul halaman instalasi wordpress, untuk langkah berikutnya lakukan proses instalasi sesuai dengan prosedur yang terlihat pada web instalasi wordpress.

Begitulah……… Dengan bacaan hamdalah saya tutup postingan ini……………….. Alhamdulillah…………………………………………………………………..

(postingan ini versi modul praktikum dan versiku yang pertama, sebenarnya ada cara yang lain)

Iklan
By Yusfia Hafid Aristyagama Posted in Tutorial

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s