KENALAN SAMA KOMPUTER YUK!!!


Komputer berasal dari kata compute yang artinya adalah menghitung. Kalau ditambahkan er di belakangnya akan berarti penghitung. Jadi Komputer itu dapat diartikan sebagai alat penghitung. Tapi saat ini teknologi sudah mulai berkembang. Definisi diatas sekarang sudah tidak tampak lagi. Dengan perkembangan yang semakin canggih kini computer dapat digunakan di segala bidang. Komputer bukan hanya sebagai alat penghitung. Seperti yang kita ketahui saat ini computer bisa digunakan untuk chatting, game, music, video, programming, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh computer.
Jenis-jenis computer sendiri ada sangat banyak sekali. Tidak hanya seperti laptop dan computer rumahan saja. ATM, BTS, dan robot pun juga termasuk computer. Komputer saat ini dapat digunakan untuk membantu aktivitas manusia hampir di segala bidang. Misalnya dalam tata desain grafis, transaksi jual-beli, pengolahan gambar, penyimpan data, penyimpan video, penyimpan gambar, pemroses perhitungan yang sangat rumit, melakukan suatu proses yang sama secara berulang-ulang, dll. Untuk melakukan hal semacam itu diperlukan orang yang dapat membuat perintah kepada computer. Orang itu biasa kita sebut dengan programmer. Sehingga dengan adanya programmer maka computer dapat bekerja dengan perintah-perintah tertentu.
Selanjutnya ada beberapa komponen computer yang perlu untuk diperkenalkan kepada kalian semua, yaitu :
1. Processor
Nah, prosesor itu kerjanya seperti otak manusia. Kalau pada manusia namanya otak, sedangkan kalau pada computer itulah yang disebut dengan prosesor. Jadi prosesor itu bertugas untuk membantu computer dalam berfikir. Komponen inilah yang biasa bertugas sebagai komponen untuk melakukan perhitungan. Misalnya kita memberikan instruksi kepada computer 2 dikali 2, maka instruksi tersebut akan diolah dalam prosesor sehingga akan menghasilkan angka 4.
2. Hardisk
Komponen ini digunakan untuk menyimpan data permanen dan tetap. Misalkan saja kita melakukan save setelah kita mengetik dengan Microsoft word. Maka data tersebut akan tersimpan dalam hardisk. Kalau kita matikan computer, kemudian kita hidupkan lagi, maka data yang kita simpan ini tidak akan hilang. Prinsip kerjanya seperti otak kanan. Yaitu sebagai longterm memory. Namun hardisk tidak digunakan untuk berfikir.
3. Memory
Komponen yang satu ini digunakan computer untuk menyimpan data atau informasi yang dibutuhkan ketkan computer tersebut bekerja. Data yang disimpan bersifat sementara. Prinsip kerja mirip seperti otak kiri. Yaitu sebagai short term memory. Namun tidak digunakan untuk berfikir juga. Misalnya saja kita sedang mengetik menggunakan Microsoft word, kita belum melakukan save data. Maka tulisan tersebut akan disimpan sementara di memory. Kalau tiba-tiba computer tersebut mati, maka data yang telah kita tulis tersebut akan hilang. Sehingga fungsi Memory ini akan berakhir ketika computer dimatikan.
4. Motherboard
Ini adalah komponen inti dari computer. Karena di Motherboard inilah semua komponen dari computer akan dihubungkan. Mulai dari hardisk, RAM, DVD, Processor, VGA, LAN card, dll semuanya dihubungkan dengan Motherboard/ Mainboard.
5. VGA
Komponen yang satu ini biasanya dibutuhkan oleh seorang gamers, designer grafis multidimensi. Kadang-kadang beberapa motherboard tidak support untuk dipasang VGA. Motherboard tertentu bisa dipasang VGA.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s