Mengkonfigurasi database pada oracle 10g (versi 10.2)


Anda dapat menggunakan DBCA untuk membuat, mengubah konfigurasi, atau menghapus database. Langkah-langkah yang akan dilkukan adalah sebagai berikut :

1.       Start->All program-> oracle- oradb10g_home1 -> configuration and migration tools -> database configuration assistant.

2.       Halamann pembukan dari DBCA, klik next untuk proses selanjutnya. Pilih create database untuk membuat database baru. Klik next.

3.       Pilih general purpose karena kita akan melakukan pengolahan basis data standart. Masukkan nama basis data kamu (terserah anda) beserta nama domainnya (terserah juga) dengan format penulisan “namabasisdata.namadomain”. SID secara otomatis akan dibuat oleh oracle pada saat kamu membuat nama basis data sehingga default SID adalah nama basis data, namun kamu juga bisa mengubah SID nya berbeda dengan nama basis data.

4.       Ceklist configure the database with enterprise manager agar nantinya kita dapat mengelola basis data dengan menggunakan tool EM (Enterprise Manager). Pilih use the same password for all account(recommended), sehingga kita lebih mudah mengingat passwordnya. Jika memilih use different password, kita harus benar-benar mengingat password untuk masing-masing akun terutama untuk pengguna SYS karena jika kamu lupa password untuk account SYS maka kamu akan kehilangan kontak dengan basis data. Masukkan password.

5.       Storage Option : menspesifikkan tipe dari mekanisme penyimpanan data yang ingin kamu terapkan pada database, defaultnya pilih file system kemudian next. Pilih use database file locations from template, klik next.

6.       Ceklist specify flash recovery area, biarkan nilai defaulnya (pengaturan default dari oracle). Klik next.

7.       Pada tab memory, abaikan saja, klik next. Pada tab sample schemas ceklis sampe schemas jika kamu ingin mengikutkan sample schema (example) table space didatabase kamu. Klik next.

8.       Klik next ketika muncul tulisan database storage. Untuk proses selanjutnya checklist create database karena kita ingin membuat database, klik next.

9.       Layar konfirmasi akan muncul . Klik oK. Proses pembuatan database berlangsung.

10.   Halaman akhir DBCA muncul, jika kamu ingin melakukan konfigurasi password silahkan masuk ke password management, jika tidak klik exit. Selesai.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s