Istilah-istilah dalam database modelling


  1. Entitas : merupakan suatu objek yang di dunia nyata dan dapat dibedakan dari objek lainnya. Entitas dapat dibedakan menjadi dua macam. yaitu Entitas kuat dan Entitas lemah. Entitas kuat, merupakan entitas yang memiliki primary key. Entitas lemah, merupakan entitas yang keberadaannya tergantung pada keberadaan entitas kuat, biasanya tidak memiliki primary key.
  2. Atribut : merupakan deskripsi sifat dari sebuah entitas.  Superkey merupakan semua atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu  entitas dalam satu entity set. Candidate key merupakan satu atau beberapa atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu entitas dalam suatu entity set. Candidat key biasanya minimal subset dari superkey. Primary key merupakan atribut yang pasti menjamin keunikan dari beberapa candidate key. Foreign key merupakan primary key sebuah tabel yang berada pada tabel lain yang berhubungan dengan tabel pemilik primary key tersebut.
  3. Relasi merupakan asosiasi antara satu entitas dengan entitas lainnya.
  4. Kardinalitas menunjukkan berapa jumlah entitas yang dapat berasosiasi dengan entitas lainnya melalui sebuah realtionship set.
  5. diagram ER : diagram yang digunakan untuk memodelkan basis data realsional
  6. Agregasi : merupakan suatu kasus yang menunjukkan adanya realasi yang kronologis mensyaratkan adanya relasi dengan suatu himpunan realsi. Digunakan ketika kita akan memodelkan sebuah hubungan realsi yang melibatkan kumpulan  relasi.
  7. Normalisai merupakan proses dekomposisi dari suatu tabel yang buruk dengan dilakukan pemisahan-pemisahan atributnya sehingga menjadi tabel tabel yang lebih kecil. Tjuan globalnya adalah untuk memperoleh sebuah basisdata dengan struktur yang baik sehingga menghasilkan ruan penyimpanan yang efisien.
  8. DDL (data definition language) : merupakan bagian perintah SQL untuk membuat, memodifikasi atau menghapus struktur basis data oracle. Suatu DDL akan dieksekusi bila sudah diakhiri dengan “;” (semicolon).
Iklan

One comment on “Istilah-istilah dalam database modelling

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s