ICT Masa Depan


Meramal masa depan adalah sebuah kemustahilan, namun memprediksi masa depan adalah hal yang paling memungkinkan. Dengan menatap sejarah dan perkembangan ICT dari zaman dahulu sampai sekarang, dapat disimpulkan bahwa ICT tidak pernah mengalami kemunduran dan ICT itu sendiri akan terus maju seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dan beragam. Penemuan-penemuan dari tahun ke tahun membuat kebutuhan manusia dapat diselesaikan dengan cara yang praktis dan serba otomatis. Orang-orang zaman dahulu bisa berkata bahwa mustahil untuk membuat benda terbang dilangit seperti burung. Namun seiring dengan berjalannya penemuan-penemuan dan tuntutan kebutuhan, kini hadirlah kapal terbang sebagai penjawab masalah yang terjadi masa lalu yang dahulu kala masih dianggap mustahil. Zaman dahulu, tidak semua orang memiliki PC komputer. Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki PC komputer. Namun sekarang ini PC komputer telah menjadi sebuah kebutuhan yang hadir ditengah masyarakat. Teknologi telah menjadi trendsetter di segala bidang baik yang digunakan hanya sekedar untuk style, kebutuhan, atau bahkan untuk penelitian sekalipun.

Melihat track-record kemajuan-kemajuan ICT selama ini, maka dapat di prediksi bahwa ICT akan terus mengalami kemajuan dan terus berkembang. Augmented Reality yang saat ini sangat populer sebatas untuk game, suatu saat nanti akan menjadi sebuah hal yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika bisa berandai-andai ataupun memprediksinya, maka Augmented Reality nantinya akan menjadi sebuah gaya hidup yang stylish dan diminati oleh banyak orang. Augmented reality ini akan memunculkan inovasi-inovasi baru di bidang hiburan dan periklanan  oleh berbagai pihak agar memiliki daya tarik yang lebih tinggi di masyarakat. Dunia nyata suatu saat nanti akan terasa sangat terpadu dengan dunia maya. Hanya saja memang teknologi Augmented reality dewasa ini belum terlalu booming di kalangan masyarakat. Namun yakinlah bahwa tinggal menunggu waktu saja untuk membuat Augmented reality ini menjadi trend di masyarakat. Bisa jadi suatu saat nanti rambu-rambu lalu lintas tak perlu ada secara fisik, namun rambu-rambu tersebut akan muncul ketika seorang pengendara atau polisi menggunakan sebuah alat tertentu untuk melihat rambu-rambu lalu lintas tersebut, sehingga rambu-rambu lalu lintas tidak terlalu memakan banyak tempat. Pada akhirnya Augmented Reality akan dipakai dan digabungkan diberbagai peralatan manusia dan menjadi standar kebutuhan untuk setiap peralatan tersebut. Semua akan teritegrasi dalam sebuah sistem.

Cloud Computing sekarang masih sekedar konsep. Namun, ketika konsep tersebut menjadi nyata akan sangat powerful. Kebutuhan hardware menjadi lebih minimal. Bahkan suatu saat mungkin saja jika sebuah storage device tidak berwujud secara fisik. Storage device yang sekarang berbentuk fisik, suatu saat nanti akan mengalami metamorfosis yang pada akhirnya menempatkan storage device sebagai media penyimpanan yang abstrak dan tidak memiliki bentuk fisik.

Perkembangan-perkembangan teknologi inilah yang pada akhirnya nanti membawa kemajuan teknologi yang ramah lingkungan, karena tidak menyita banyak tempat dan resource.

Yusfia Hafid Aristyagama / 113090207 / IF-33-G1

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s