TEKNIK INFORMATIKA DI INDONESIA


4 pertanyaan yang harus dijawab sebelum mengejar karir di teknik informatika  :

  • Bagaimanakah dunia teknik informatika di Indonesia?
    Untuk teknik informatika di Indonesia cukup banyak orang yang mengincar. Biasanya dikarenakan kedekatan manusia zaman sekarang dengan alat yang bernama Computer. Memang hal itu sudah tak mungkin dapat dipungkiri. Dapat kita lihat tanda-tandanya. Misalnya anak zaman sekarang lebih suka berinteraksi dengan computer dari pada berinteraksi dengan teman sebayanya. Hal tersebut akan mengundang rasa suka terhadap computer. Dan memang sudah tak asing lagi computer yang zaman dahulu hanya digunakan oleh perusahaan perusahaan besar, namun sekarang digunakan oleh banyak orang sebagai personal computer. Ada beberapa sebab juga mengapa teknik informatika banyak diincar. Alasannya adalah saat ini bisnis didunia informatika memang cukup menjanjikan dan itulah yang menghipnotis banyak orang untuk masuk dalam dunia Informatika. Tujuannya adalah agar mereka bisa meraup keuntungan yang besar dari dunia informatika ini dengan modal yang cukup kecil. Misalnya adalah dengan advertising di Internet. Dengan bermodalkan web page itu dapat dilakukan dengan mudah. Alasan lainnya mungkin adalah karena adanya anggapan bahwa computer itu praktis dan mudah digunakan. Padahal dalam kenyataannya tidak begitu. Orang yang menggunakan software itu belum tentu bisa membuat software. Memprogram  (membuat program) itu lebih sulit dari pada menggunakan program. Memprogram itu sama saja dengan berbicara kepada computer dan memerintahkan sesuatu, namun memakai program itu hanya sekedar memerintahkan dengan perintah-perintah praktis. Berbicara dengan computer itu bukan dalam artian dengan menggunakan bahasa manusia. Namun dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh computer. Tapi banyak orang yang merasa pintar ketika sudah bisa memakai sebuah program. Misalnya saja dapat menggunakan powerpoint, excel, word, aplikasi game , dll. Kemudian orang itu masuk kedunia Teknik Informatika. Nah, dari situlah biasanya banyak orang yang terjebak dibidang teknik Informatika. Maka itu juga bisa menjadi salah satu factor mengapa dunia Informatika menjadi dunia yang sering diincar oleh banyak orang. Yaitu anggapan bahwa computer itu praktis.
    Namun untuk teknologi yang satu ini di Indonesia masih tertinggal dengan beberapa Negara-negara maju dan Negara berkembang lainnya. Mungkin juga itu disebabkan oleh kesenjangan teknologi yang digunakan. Atau mungkin juga hal itu disebabkan oleh factor SDM (Sumber Daya Manusia). Kalau boleh saya berperasangka baik, ketertinggalan ini disebabkan oleh perilaku SDM yang kebanyakan di antara mereka terkena penyakit malas dan suka membuang waktu. Pasalnya beberapa orang yang saya kenal dan mereka itu pernah berkuliah di Negara asing berkata bahwa sebenarnya orang Indonesia itu tidak kalah IQnya dibandingkan dengan orang dari Negara-negara lain. Bahkan ada diantara mereka yang mengatakan bahwa pernah saat dia sedang kuliah, temannya (dari Negara asing, tidak usah saya sebutkan dari Negara mana agar tidak terjadi provokasi) menyontek pekerjaanya. Itu merupakan salah satu bukti bahwa sebenarnya orang Indonesia itu tidak kalah IQnya dari orang Negara barat sana. Hanya mungkin karena beberapa factor yang disebut malas dan buang-buang waktu tersebut. Saya pernah dengar juga bahwa jurusan data mining di IT Telkom sangat di kenal dikawasan Asia tenggara. Itu merupakan salah satu bukti juga bahwa sebenarnya Indonesia itu tidak kalah dibandingkan dengan beberapa Negara lain.
    Keterbatasan Alat juga mempengaruhi kemajuan teknik Informatika di Indonesia. Pasalnya memang di Indonesia untuk alat-alat seperti itu masih terbatas.

Faktor lainya adalah pengaruh dari kata “Jurusan Favorit”. Itulah yang menjadikan dunia teknik Informatika itu menjadi dunia yang banyak diincar oleh banyak orang. Hal ini dapat dibuktikan dengan jelas. Banyak lulusan SMA angkatan 2009 yang mendaftarkan dirinya masuk teknik informatika ke beberapa universitas atau institute dengan akreditasi A. Misalnya di ITB untuk pendaftar teknik informatika kemarin kira-kira mencapai kurang lebih 4000 orang, di ITS kurang lebih 2000 orang, sedangkan di IT Telkom saya pernah dengar sekitar 2000 orang yang mendaftar ke jurusan teknik informatika. Itupun belum dari universitas-universitas lainnya. Itulah yang membuktikan ketatnya persaingan dunia Informatika di Indonesia saat ini. Dengan gambaran seperti itu bisa dibayangkan 20 sampai 30 tahun kedapan mungkin dapat diprediksikan hanya sekitar5000 orang yang kompeten di bidang informatika yang akan mampu bersaing menuju dunia kerja yang sengit dan penuh persaingan.

  • Computer Science manakah yang paling menjanjikan untuk 5 sampai 10 tahun ke depan?
    Untuk Fakultas informatika yang begerak di bidang CS ini mungkin yang paling menjanjikan untuk 5 sampai 10 tahun kedepan adalah path yang ketiga. Yaitu menciptakan jalan alternative untuk memecahkan suatu masalah dalam permasalahan computing. Misalnya saja adalah pada bagian DATA MINING. Banyak lulusan data mining yang akan direkrut dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, karena dengan adanya data mining ini suatu perusahaan dapat menentukan barang mana yang akan menghasilkan keuntungan yang lebih cepat dan besar dan juga sering di beli oleh konsumen.
    Meskipun hal tersebut cukup menjanjikan namun saya lebih memilih path yang pertama, yaitu mendesain dan mengimplementasikan software. Alasan saya memilih hal tersebut adalah karena itu merupakan hobi saya, selain itu saya tertarik dengan sesuatu yang disebut web development dan web programming. Saya juga suka dengan pekerjaan mendesain interface untuk suatu aplikasi. Maka dari itu saya memilih path tersebut.
  • Apakah kelebihan, kekurangan, kesempatan dan ancaman mu (SWOT)?
    Kalau tentang, kekurangan, kesempatan dan ancaman setiap orang itu sebenarnya berbeda-beda. Misalnya kalau dari saya pribadi :
    Kelebihan saya adalah saya termasuk tipe orang yang tak mudah menyerah dan selalu berusaha menyelesaikan sesuatu secepat mungkin dan sebaik-baiknya. Itu adalah kelebihan dalam hal sifat pribadi, kelebihan dari sisi Informatikanya adalah saya termasuk orang yang suka mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan web designer, termasuk juga dalam hal web programming.
    Untuk kelemahan saya pribadi adalah saya termasuk tipe orang yang mudah lupa. Kalau kelemahan di sisi informatikanya adalah saya terlalu berlebihan ketika menghabiskan waktu untuk mengkoding suatu program sehingga kadang-kadang waktu saya habis untuk membuat program dan saya lupa dengan kesehatan pribadi.
    Untuk kesempatan sendiri saya belum berfikir sejauh itu, tapi saya yakin dengan beberapa kemampuan dan pertolongan dari Allah SWT maka insyaAllah kesempatan akan terbuka lebar dihadapan saya, itupun belum saya perhitungkan semangat saya juga.
    Ancaman yang sering saya takutkan adalah banyaknya saingan. Karena semakin banyak saingan berarti kesempatan untuk bekerja semakin kecil.
    Mungkin sejauh itulah saya mampu diri saya sendiri. Dengan mengenali diri sendiri maka akan mudah bagi kita untuk menyusun strategi-strategi baru agar langkah bisa memperbaiki langkah kedepan kita.
  • Apakah strategimu untuk menghadapi fakta tersebut?
    Dengan mengenal dan mengetahui kelemahan kita pribadi, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan strategi kedepan.
    Misalnya kalau dari saya pribadi adalah :
    saya harus mampu mengatur jadwal kegiatan sehari-hari, agar saya tidak terlalu autis ke bahasa pemrograman. Kemudian menanggapi persaingan sengit di dunia Informatika yang saat ini semakin sengit, strategi saya adalah dengan cara ikut dalam suatu organisasi agar saya lebih berpengalaman dan mengetahui seluk beluk dari teamwork sehingga kesempatan bagi saya terbuka lebar, karena hal tersebut akan meningkatkan softskill saya pribadi. Tujuan lain dari saya ikut ke organisasi adalah agar kemampuan entrepreneurship saya meningkat, sehingga saya kedepannya tidak mengharapkan untuk bekerja terhadap orang lain, namun saya akan berusaha menciptakan lapangan pekerjaan. Kemudian untuk meningkatkan akademis saya di bidang IT saya sudah menargetkan untuk menguasai beberapa bahasa pemrograman tertentu agar saya tidak gaptek di bahasa pemrograman.
Iklan

2 comments on “TEKNIK INFORMATIKA DI INDONESIA

  1. strategi saya “optimis dan positif dalam mempelajari teknik informatika”
    juga siap untuk jatuh ketika pesaing kita lebih kuat .. amin

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s